Langsung ke konten utama

Intranet (Pengertian, Penggunaan, Manfaat)

Sebuah intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs

web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.
Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
Saat ini perangkat elektronik pintar sudah merambah diseluruh aspek kehidupan contohnya di kantor, sekolah, rumah. Beberapa sekolah sudah menerapkan teknologi intranet. Seluruh komputer terhubung dengan satu jaringan lokal. Intranet sebagai pendatang baru mengandalkan biaya yang murah, fleksibilitas, open standard, dan banyaknya vendor yang bergabung dalam menigkatkan kemampuan intranet serta jaminan perkembangan teknologi yang makin meningkat kemampuannya. [1]
Intranet digunakan untuk membantu alat dan aplikasi, misalnya kolaborasi dalam kerja sama (untuk memfasilitasi bekerja dalam kelompok dan telekonferensi) atau direktori perusahaan yang sudah canggih, penjualan dan alat manajemen hubungan dengan pelanggan, manajemen proyek dll, untuk memajukan produktivitas.
Intranet juga digunakan sebagai budaya perusahaan perubahan platform. Sebagai contoh, sejumlah besar karyawan membahas isu-isu kunci dalam aplikasi forum intranet dapat menyebabkan ide-ide baru dalam manajemen, produktivitas, kualitas, dan isu-isu perusahaan lainnya.
Dalam intranet yang besar, lalu lintas situs web seringkali sama dengan lalu lintas situs Web publik dan dapat dipahami dengan lebih baik dengan menggunakan software web metrik untuk melacak aktivitas secara keseluruhan. Survei pengguna juga meningkatkan efektivitas situs intranet. Bisnis yang lebih besar memungkinkan pengguna dalam intranet mereka untuk mengakses internet publik melalui server firewall. Mereka memiliki kemampuan menangani pesan yang datang dan pergi serta menjaga keamanan yang utuh.
Ketika bagian dari intranet diakses oleh pelanggan dan lainnya di luar bisnis, menjadi bagian dari sebuah extranet. Bisnis dapat mengirim pesan pribadi melalui jaringan publik, menggunakan enkripsi khusus / dekripsi dan perlindungan keamanan lainnya untuk menghubungkan satu bagian dari intranet mereka yang lain.
Pengguna intranet yang berpengalaman, editorial, dan tim teknologi bekerja sama untuk menghasilkan website. Paling umum, intranet dikelola oleh departemen komunikasi, HR atau CIO organisasi besar, atau kombinasinya.
Kebutuhan intranet didorong oleh beberapa tekanan teknologi yaitu :
Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri
Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan.
Manfaat penggunaan intranet untuk sekolah:
Membantu dalam membuat pengajaran, pembelajaran di sekolah lebih mudah
Membantu dalam mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan
Memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran
Membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu

Membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktek profesional perpustakaan di negara-negara maju di tingkat sekolah. 
SUMBER

www.ahmadaufar.blogspot.com

Postingan populer dari blog ini

Come up. After so long since disappeared .

Allo! setelah sekian lama ngga aktif lagi nge share post akhirnya Aufar kembali lagi! Yeep! Terakhir kali ngepost itu di Tahun 2013 atau waktu itu masih baru-baru kelas 1 SMA. Haha Di post kali ini Aufar kembali dengan gaya Template yang berbeda, yang lebih dinamis dan minimalis. Maaf jika templatenya masih berantakan , nanti akan di update secara berkala terus kok. Ohya, ingin terus Update dengan Aufar bisa langsung follow Akun Social Media Aufar, antara lain : Instagram : @ahmadaufara (fast-res) Telegram : ahmadaufar (fast-res) Twitter : @ahmad_aufar (slow-res) Ask.fm : ahmadaufar (slow-res) Facebook : Ahmad Aufar Alkhairi I (slow-res) Youtube Channel : Ahmad Aufar Alkhairi Ask.fm/ahmadaufar instagram.com/ahmadaufara https://www.youtube.com/channel/UCJSiwy1Ar04OWmlH6L91mcA

Pro Evolution Soccer from Android

Kali ini Gw akan memplubsikan aplikasi PES 2012 from Android,  menurut Gw aplikasi ini effect nya kurang bagus,  tapi asyik juga..  Gw download aplikasi ini bulan Maret,  Gw paling suka main League atau Cup.  Apalagi pake klub kesayangan Gw.  Oh ya,  Gw punya Best Goal dari #FCBarcelona, Gw e.mang suka samo Barca, Ini ada screenshotnya :